LPPL RADIO GAGAK RIMANG 105,9 FM

Jl.Reksodiputro Timur No 54 Komplek Taman Tirtonadi Blora- Jawa Tengah Telp : ( 0296 ) 531712.

Kasiyanto,se

DIREKTUR UTAMA LPPL RADIO GAGAK RIMANG FM BLORA- JAWA TENGAH.

M. Taufiq Qurohman

DIREKTUR SIARAN LPPL RADIO GAGAK RIMANG FM BLORA-JAWA TENGAH.

Ari Istiyaningsih

DIREKTUR ADMINISTRASI LPPL RADIO GAGAK RIMANG FM BLORA-JAWA TENGAH

Teguh Rudiyanto

Bidang Penyiaran dan Pemberitaan

Sukamto

Bidang Teknis

Eny Susanti

Bidang Pengelolaan Administrasi dan Umum

Adi Rahmat Widodo

Bidang Pengelolaan Keuangan dan Pemasaran

Seputar Blora

Peringati HAD 2021, Bupati Blora Tanam Pohon Sahabat Air


GAGAKRIMANGFM.COM| BLORA - Peringatan Hari Air Dunia (HAD) Tahun 2021 yang jatuh pada hari Senin (22/3/2021) diperingati Kabupaten Blora dengan melaksanakan kegiatan penanaman pohon sahabat air di sejumlah lokasi.

Salah satunya di kawasan Embung Kedungsambi, Dukuh Wotrangkul, Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo

Penanaman pohon dihadiri langsung Bupati H. Arief Rohman, S.IP, M.Si.

Dalam acara itu, Bupati secara simbolis memulai aksi penanaman pohon di kawasan embung yang baru saja selesai dibangun tahun 2019.

Dengan memegang cangkul, Bupati yang akrab disapa Mas Arief ini menanam pohon jenis mangga, didampingi Kepala Cabang Dinas Kehutanan dan LH Jateng, Kepala Dinas PUPR, Adm Perhutani, dan organisasi lainnya.

“Ini sebagai salah satu upaya kita untuk menjaga dan melestarikan sumber-sumber air yang ada di Kabupaten Blora," ucap Bupati Blora.

Dikatakannya, Blora yang terkenal kering, sesuai dengan visi misi akan diubah agar kekeringan bisa dikurangi.

"Salah satunya dengan menanam pohon pohon sahabat air di sekitar sumber air bersih. Seperti di kawasan embung ini, yang memiliki sumber mata air Sendang Wotrangkul,” ungkap Bupati.

Adapun beberapa pohon sahabat air, yang dinilai efetif membantu pelestarian mata air adalah Aren, Gayam, Kedawung, Trembesi, Beringin, Elo, Preh, Bulu, Benda, Kepuh, Randu, Jambu Air, Jambu Alas, Bambu, dan Picung.

Gerakan seperti ini, menurut Bupati tidak hanya dilakukan di satu lokasi saja. Namun juga akan digerakkan di seluruh wilayah Kabupaten Blora dengan menggandeng stakeholder terkait mulai Perhutani, Dinas Kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup, dan kawan-kawan komunitas pecinta alam yang sangat konsen dalam pelestarian lingkungan.

Kedepan, lanjut Bupati, akan mengajak Perhutani, Dinas Kehutanan, DLH dan lainnya untuk bersama-sama memetakan potensi sumber air bersih di Kabupaten Blora agar bisa tetap dirawat dan dijaga. Jangan sampai rusak.

Hal ini sebagai salah satu upaya jangka panjang guna menekan kekeringan di Kabupaten Blora.

"Jadi ada upaya jangka pendek dengan mengirimkan bantuan air bersih, juga ada upaya jangka panjang dengan merawat sumber-sumber air bersih dengan menanam pohon sahabat air. Mungkin hasilnya tidak bisa langsung kita rasakan, namun ini semua untuk anak cucu kita nanti,” tambah Bupati.

Bupati meminta agar masyarakat bisa ikut merawat seluruh pohon dan tanaman yang telah ditanaman di kawasan embung agar kedepan keberadaannya bisa membantu upaya pelestarian sumber-sumber air dan mencegah bencana kekeringan, sekaligus longsor.

Selain penanaman pohon, Bupati berharap kedepan Dinas Peternakan dan Perikanan bisa memberikan bibit ikan di embung agar ekosistem lingkungannya juga terjaga dan bisa menjadi alternative wisata pemancingan di Desa Klopowudur.

“Hari ini ada pelepasan bibit ikan di Embung Keruk Randublatung yang dihadiri Bu Wakil Bupati, saya harap kedepan kegiatan yang sama juga bisa dilaksanakan disini,” kata Bupati.

Berdasarkan laporan Kepala DPUPR, Ir. Samgautama Karnajaya, di hari yang sama juga dilaksanakan kegiatan serupa di Desa Janjang, Kecamatan Jiken dalam rangka penyelamatan sumber air bersih di wilayah tersebut.

“Selain di Klopoduwur ini, dalam rangka HAD 2021 ini kita juga melaksanakan kegiatan yang sama di Desa Janjang. Untuk di Klopoduwur ini ada 250 bibit pohon sahabat air yang kita tanam, merupakan bantuan bibit dari Dinas Kehutanan Jawa Tengah,” jelas Samgautama.

Acara juga diisi dengan kegiatan potong tumpeng, dan penanaman tabulampot di sepanjang tanggul embung Kedungsambi Klopoduwur.

Sejumlah masyarakat dan komunitas terkait ikut hadir dalam acara ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, bermasker dan menjaga jarak. 

Kata penyiar

Tya Aristya

“Hidup itu bukan soal menemukan diri Anda sendiri, hidup itu membuat diri Anda sendiri.”

Sabella Ovi

“Hidup yang baik adalah hidup yang diinspirasi oleh cinta dan dipandu oleh ilmu pengetahuan.”

Emillia Vina

“Hal yang paling penting adalah menikmati hidupmu, menjadi bahagia, apapun yang terjadi.”

Fitri Novita

“Hidup itu bukan soal menemukan diri Anda sendiri, hidup itu membuat diri Anda sendiri.”

Andri Sanjaya

“Hidup itu sederhana, kita yang membuatnya sulit.”

Teguh Rudiyanto

“Saya memiliki filosofi yang sederhana: isi apa yang kosong, kosongkan apa yang terlalu penuh.”

Pippo Alvaro

“You Have Enough.”

Bung Aan

“Tujuan hidup kita adalah menjadi bahagia.”

Adi Kethuk

“Kawula mung saderma, mobah-mosik kersaning Hyang sukmo..”

Designed By Templatezy

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.