LPPL RADIO GAGAK RIMANG 105,9 FM

Jl.Reksodiputro Timur No 54 Komplek Taman Tirtonadi Blora- Jawa Tengah Telp : ( 0296 ) 531712.

Kasiyanto,se

DIREKTUR UTAMA LPPL RADIO GAGAK RIMANG FM BLORA- JAWA TENGAH.

M. Taufiq Qurohman

DIREKTUR SIARAN LPPL RADIO GAGAK RIMANG FM BLORA-JAWA TENGAH.

Ari Istiyaningsih

DIREKTUR ADMINISTRASI LPPL RADIO GAGAK RIMANG FM BLORA-JAWA TENGAH

Teguh Rudiyanto

Bidang Penyiaran dan Pemberitaan

Sukamto

Bidang Teknis

Eny Susanti

Bidang Pengelolaan Administrasi dan Umum

Adi Rahmat Widodo

Bidang Pengelolaan Keuangan dan Pemasaran

Seputar Blora

Ziarah Makam Bupati Blora Bentuk Penghormatan Jasa Pemimpin


GAGAKRIMANGFM.COM | BLORA - Pemerintah Kabupaten Blora melaksakankan ziarah ke makam bupati terdahulu menjelang peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora Ke-271. Agenda itu menjadi rutinitas setiap tahun sebagai bentuk penghormatan atas jasa para pemimpin Blora.

Dalam ziarah itu Bupati Blora Djoko Nugroho, Forkopimda Kab. Blora, Sekda Blora Komang Gede Irawadi, SE, M.Si serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Blora. Semuanya mengenakan pakaian adat khas Jawa Solo (beskap tanpa mengenakan keris).

Di area makam, dilaksanakan doa bersama dan tahlil yang dipimpin pemuka agama setempat yang ditunjuk oleh seksi ziarah kantor Kemenag Blora. Selanjutnya Bupati dan rombongan menabur bunga di makam para Bupati Blora terdahulu.

Ziarah berlangsung khidmat dimulai di komplek makam gedong Tirtonatan di Desa Ngadipurwo, Kecamatan Blora, Selasa (1/12/2020). Kemudian dilanjutkan ke makam Sunan Pojok  Blora dan makam almarhum Bupati Ir. Basuki Widodo di makam Giri Mulyo, Kecamatan Cepu.

Seperti diketahui, almarhum Bupati yang disemayamkan makam gedong Tirtonatan yaitu Raden Tumenggung Jayeng Tirtonoto, Raden Tumenggung Cokro Negoro I, Raden Tumenggung Prawiroyudo, Raden Tumenggung Adipati Tirtonegoro, Raden Tumenggung Panji Notowijoyo, Raden Tumenggung Cokronegoro II, Raden Tumenggung Cokronegoro III, Raden Muhammad Said Abdul Kodir Jailani, serta penasehat bupati pertama Sayyid Idrus Al Jufri.

Suasana khidmat dalam kegiatan yang sama juga dilaksanakan di makam Sunan Pojok Blora. Kemudian dilanjutkan ziarah dan tabur bunga di makam Bupati Ir. Basuki Widodo di makam Giri Mulyo, Kecamatan Cepu. 

Bupati Blora Djoko Nugroho mengatakan ziarah ini untuk mendoakan para pemimpin Blora yang sudah meninggal dunia.

Selain itu sebagai rasa terima kasih dan bentuk penghormatan atas jasa-jasa para pemimpin Blora sejak awal berdirinya Kabupaten Blora ini hingga saat ini.

"Ziarah ini rutin kita lakukan menjelang peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora. Mudah-mudahan ketika kita berdoa, kita menjadi orang-orang yang diterima doanya. Terimakasih kepada semua pihak," ujarnya.

Hanya saja dalam kegiatan peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora ke-271 ini beda dengan tahun lalu karena dilaksanakan di masa pandemi sehingga harus mematuhi protokol kesehatan. Meski demikian bisa tetap melestarikan budaya leluhur dan bisa menjadikan agenda rutin tetap berjalan secara terus menerus.

"Kali ini berbeda, karena di tengah pandemi kita harus tetap memperingati hari jadi, semoga tidak menyurutkan semangat kita. Terimakasih kepada Forkopimda dan seluruh Kepala OPD, bersama Camat dan Kalur maupun Kades yang telah turut serta dalam kegiatan ziarah ini. Kegiatan ini sebagai wujud penghormatan kami terhadap leluhur dan para Bupati terdahulu yang telah memimpin Blora,” kata Bupati Blora

Melalui peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora ke-271, berharap semoga Kabupaten Blora lebih baik dan makin maju. 

Agenda yang sama juga dilakukan di makam Butoh dan makam Janjang, Rabu (2/12/2020). Hanya saja pelaksanaan acaranya dilakukan oleh camat dan petugas yang telah ditunjuk sesuai kepanitiaan yang terbentuk.

Sementara, ziarah makam Bupati Blora di luar kota dilaksanakan, Sabtu (28/11/2020) hingga Sabtu (29/11/2020).

Rombongan ziarah dilaksanakan oleh Bagian Kesra Setda Blora dan Kemenag Blora ke makam Bupati Soekirno Sastro Dimejo di makam Jangkang, Kel. Jomblang, Kec. Candisari, Semarang. Almarhum menjabat Bupati Blora tahun 1960 -1966.

Sejatinya sesuai roundown acara dilanjutkan menuju Kabupaten Temanggung untuk ziarah ke makam almarhum Bupati H. Soemarno Tjokro Saputro,SH yang menjabat tahun 1979 - 1989.

Akan tetapi untuk mengantisipasi persebaran Covid-19, pihak keluarga menghendaki dilakukan doa bersama dari rumah di wilayah Semeru 6A Semarang. Doa digelar penuh khidmat di rumah almarhum Bupati Blora H. Soemarno Tjokro Saputro, SH. 

Usai dari Semarang, karena tidak jadi ke Temanggung, maka dialihkan ke makam Bupati Blora Srinardi di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bhakti Kecamatan Jebres, Kota Surakarta.

Sementara itu, pada Minggu (29/11/2020) rombongan ziarah melanjutkan ke makam almarhum Bupati Blora yang menjabat tahun 1973 - 1979, yaitu Soepadhi Joedodarmo, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara Yogyakarta.  (Dinkominfo Kab. Blora). 


Kata penyiar

Tya Aristya

“Hidup itu bukan soal menemukan diri Anda sendiri, hidup itu membuat diri Anda sendiri.”

Sabella Ovi

“Hidup yang baik adalah hidup yang diinspirasi oleh cinta dan dipandu oleh ilmu pengetahuan.”

Emillia Vina

“Hal yang paling penting adalah menikmati hidupmu, menjadi bahagia, apapun yang terjadi.”

Fitri Novita

“Hidup itu bukan soal menemukan diri Anda sendiri, hidup itu membuat diri Anda sendiri.”

Andri Sanjaya

“Hidup itu sederhana, kita yang membuatnya sulit.”

Teguh Rudiyanto

“Saya memiliki filosofi yang sederhana: isi apa yang kosong, kosongkan apa yang terlalu penuh.”

Pippo Alvaro

“You Have Enough.”

Bung Aan

“Tujuan hidup kita adalah menjadi bahagia.”

Adi Kethuk

“Kawula mung saderma, mobah-mosik kersaning Hyang sukmo..”

Designed By Templatezy

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.