LPPL RADIO GAGAK RIMANG 105,9 FM

Jl.Reksodiputro Timur No 54 Komplek Taman Tirtonadi Blora- Jawa Tengah Telp : ( 0296 ) 531712.

Kasiyanto,se

DIREKTUR UTAMA LPPL RADIO GAGAK RIMANG FM BLORA- JAWA TENGAH.

M. Taufiq Qurohman

DIREKTUR SIARAN LPPL RADIO GAGAK RIMANG FM BLORA-JAWA TENGAH.

Ari Istiyaningsih

DIREKTUR ADMINISTRASI LPPL RADIO GAGAK RIMANG FM BLORA-JAWA TENGAH

Teguh Rudiyanto

Bidang Penyiaran dan Pemberitaan

Sukamto

Bidang Teknis

Eny Susanti

Bidang Pengelolaan Administrasi dan Umum

Adi Rahmat Widodo

Bidang Pengelolaan Keuangan dan Pemasaran

Seputar Blora

Pemdes Keser Mulai Kembangkan Destinasi Wisata Edukasi Bambu


GAGAKRIMANGFM.COM | BLORA - Pemerintah Desa Keser, Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora Jawa Tengah, mulai mengembangkan destinasi wisata edukasi bambu dengan menyiapkan lahan seluas dua hektare serta menanam ribuan bibit bambu aneka jenis varietas.

Kepala Desa Keser Drs. Soedjono mengemukakan penanaman bibit bambu di lahan milik desa dimulai Kamis (3/12/2020) dengan dihadiri Camat Tunjungan Dwi Bambang Priyono SE dan Kepala Seksi Rehabilitasi Konservasi Sumber Daya Alam (RKSDA) Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah Wilayah I Kantor Cabang Dinas Kabupaten Blora, Husain Nukman, SP, M.Si beserta pegawai dinas setempat.

“Kami atas nama Pemerintah Desa Keser, memulai menanam bibit bambu yang dibantu dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan lahan yang ditanami ini adalah tanah bondo deso (kekayaan desa),” terangnya.

Kades Keser mengemukakan untuk sementara ini diberi lahan 0,5 hektare. Namun jika nanti berkembang bagus akan ditambah lahan seluas lebih kurang dua hektar.

“Itu tanah bondo deso, yang biasanya kita lelang. Harapan kita, jika nanti bisa berkembang untuk wisata edukasi bambu maka lahannya akan ditambah, yang kedepan akan dikelola oleh BUMDes Keser,” kata dia.

Dijelaskannya, dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah Wilayah I Kantor Cabang Dinas Kabupaten Blora pada tahun 2020 ini diberikan 10 jenis verietas sebanyak 1.000 bibit bambu.

“Pada tahun depan akan dikembangkan lagi menjadi 5.000 bibit pohon bambu denga 30 jenis varietas. Harapannya Desa Keser ke depan menjadi pusat bambu di Jawa Tengah,” kata dia.

Menurut Kades Keser, geliat mewujudkan destinasi wisata edukasi bambu disambut dan didukung oleh kalangan remaja desa setempat.

Termasuk penanaman bibit bambu dilakukan secara gotong royong dengan melibatkan pemuda karang taruna dan warga desa Keser.

Kades Keser mengaku, bahwa kebetulan anak-anak muda di desa Keser sudah ada yang membuat kerajinan dari bambu sehingga ini nantinya termasuk menjadi bahan baku kerajinan yang selama ini sudah berproduksi dan sudah dipamerkan kemana-mana. Kerajinan itu berupa gelas, cangkir dari bahan bambu.

“Bahkan di sisi ada juga relawan yang membuat lukisan dari pelepah pisang (gedebog) dan sudah terkenal, namanya Mulyanto. Sehingga besar harapan kami pemudas dan warga sini semuanya bisa berkembang,” ucapnya.

Ia menyebut, bahwa semuanya sudah direncanakan oleh pemerintah desa Keser, bahkan master plannya hampir jadi.

“Tujuan utama kami adalah meningkatkan ekonomi masyarakat. Pengelolaannya nanti dari BUMDes, termasuk akses jalan dan lainnya nanti kita bahas lebih lanjut,” ungkapnya.

Kepala Seksi Rehabilitasi Konservasi Sumber Daya Alam (RKSDA) Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah Wilayah I Kantor Cabang Dinas Kabupaten Blora, Husain Nukman, SP, M.Si menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan merupakan persiapan arboretum bambu di desa Keser.

“Kita tahu semua bahwa bambu merupakan komoditas Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) keunggulan di Jawa Tengah. Baru pertama ini di Blora membuat arboretum dengan sepuluh jenis varietas bambu sebanyak 1.000 bibit,” jelasnya.

Kedepannya, di tahun 2021 akan dikembangkan melalui kegiatan rehabilitasi Cabang Dinas Kehutanan Wilayah I Jawa Tengah Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah sejumlah 5.000 batang bambu dengan 30 jenis varietas bambu.

“Kedepannya kita akan mengembangkan sentra edukasi bambu juga pusat kerajinan bambu di Jawa Tengah,” terangnya.

Camat Tunjungan Dwi Bambang Priyono, SE mengapresiasi dan mendukung program tersebut.

“Sangat mendukung dan memberikan apresiasi. Semoga bisa terwujud dengan baik sehingga warga desa Keser menjadi makin maju. Mohon terus dibina dari kantor Cabang Dinas Kehutanan Wilayah I Jawa Tengah, ” ucapnya.

Sementara itu, Sri Mulyanto, salah seorang perajin desa Keser mengaku optimistis program destinasi wisata edukasi bambu akan bisa berkembang.

“Antusias dan optimis bisa diwujudkan,” ucapnya. (Dinkominfo Kab. Blora).

Kata penyiar

Tya Aristya

“Hidup itu bukan soal menemukan diri Anda sendiri, hidup itu membuat diri Anda sendiri.”

Sabella Ovi

“Hidup yang baik adalah hidup yang diinspirasi oleh cinta dan dipandu oleh ilmu pengetahuan.”

Emillia Vina

“Hal yang paling penting adalah menikmati hidupmu, menjadi bahagia, apapun yang terjadi.”

Fitri Novita

“Hidup itu bukan soal menemukan diri Anda sendiri, hidup itu membuat diri Anda sendiri.”

Andri Sanjaya

“Hidup itu sederhana, kita yang membuatnya sulit.”

Teguh Rudiyanto

“Saya memiliki filosofi yang sederhana: isi apa yang kosong, kosongkan apa yang terlalu penuh.”

Pippo Alvaro

“You Have Enough.”

Bung Aan

“Tujuan hidup kita adalah menjadi bahagia.”

Adi Kethuk

“Kawula mung saderma, mobah-mosik kersaning Hyang sukmo..”

Designed By Templatezy

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.